Trading Journal (Apr 22–26, 2019)

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readMay 1, 2019

Pada minggu lalu, saya berfokus kepada hanya satu pair yaitu AUDJPY, yang mana sudah saya buka sejak 17 April lalu. Kemudian saya melihat adanya penurunan tajam dari mata uang EURUSD yang signifikan yang sempat menyita perhatian saya.

Saya tidak akan membahas posisi AUDJPY lebih jauh, dikarenakan saya sudah membahasnya pada jurnal minggu lalu disini. Saya hanya akan membahas sedikit yaitu alasan saya menutup posisi di level 78.20 (hanya 10 pips lebih tinggi daripada level terendahnya Minggu (25/4) lalu.

Seketika ketika di siang hari harga di TF H4 membentuk seperti ini, langsung praktis saya mencoba melihat apakan memang ada potensi penurunan lebih jauh dan apakah ada level tahanan bawah yang dekat dari level tersebut. Dan akhirnya saya menentukan target harga saya dengan 3 confluence demikian:

  1. Harga berpeluang menuju ke atas zona di 127.2% (78.307) ataupun bawah zona di 161.8% (78.196)
  2. Harga berpeluang pula memantul di zona S&D RBR di kisaran level yang lebih kurang berdekatan dengan level di №1 tadi
  3. Kemudian saya melihat adanya titik pemantulan harga di garis titik-titik biru di kisaran level 78.177

Dari sana, saya langsung membulatkan ke atas angkanya untuk menghindari gagalnya TP dengan penyebab gagalnya harga dikarenakan spread. Akhirnya saya menentukan level 78.2 sebagai titik TP dimana saya berhasil menutup profit 245 pips. Saya yakin, banyak yang mengira saya menggunakan tools yang canggih, faktanya sangat sederhana.

OP EURUSD

OK, saya akan bahas OP selanjutnya yaitu EURUSD yang terbuka di hari yang sama dengan hanya selisih beberapa jam antara pembukaan EURUSD dengan penutupan tadi.

Monthly

Perspektif Target Penurunan Pertama
Perspektif Target Penurunan Kedua

Dari kedua persepektif ini, saya langsung jelas percaya bahwa ada peluang harga untuk menuju ke kisaran level 1.112 s/d 1.115 sebagai target penurunan terdekat dari pasangan mata uang ini.

Kemudian saya melihat adanya peluang penyelesaian pola W yang masih gantung saat ini, sehingga apabila benar maka harga akan memantul naik kembali dan menyelesaikan polanya.

Weekly

Saat ini dengan harganya yang memantul kuat dari garis tren menurun sebelumnya, membuat saya yakin bahwa harga akan menurun terlebih dahulu ke bawah garis tren naiknya. Namun dengan ukuran yang jelas, saya melihat bahwa peluang harga menurun ke dalam zona 1.112 s/d 1.1135 tampak sangat memungkinkan.

Daily

Melihat adanya pola mini H&S di tren naik yang kecil, saya melihat adanya kemungkinan pasar membentuk fakeout yang menyebabkan banyak trader terjebak untuk menjual, dikarenakan minimnya jumlah trader yang berhati-hati. Maka saya yakinkan bahwa target penurunan tersebut nyata dan bisa tercapai.

H4

Setelah mencari-cari, akhirnya saya melihat ada level market structure yang tampaknya kuat setelah saya selidiki di harga sebelumnya di kisaran level 1.1125. Kemudian dikarenakan adanya perkiraan fakeout harga, maka saya membuka posisi di kisaran level 1.113. Dengan SL hanya 20 pips.

Trading Plan

Buy
@1.113

SL
@1.111

TP
@1.135

RRR
11x

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain