Trading Journal (May 13–17, 2019) — Part 2

Christopher Tahir
Jurnal Trading
Published in
3 min readMay 18, 2019

Melanjutkan postingan sebelumnya, jurnal minggu ini tampak trading saya agak berantakan. Hal ini jelas dikarenakan saya kurang fokus kepada satu-dua pair namun terlalu banyak pair.

Nah, tampak posisi saya walaupun masih merugi, namun saya berusaha membuat posisi tetap menyesuaikan risiko yang ada.

Kali ini saya sudah tutup semua posisi dan saya akan coba membuat analisa baru untuk GBPUSD.

GBPUSD

Monthly

  • Harga saat ini sudah menembus ke atas garis resisten terdekatnya (garis hitam), yang mana menandakan adanya peluang harga untuk naik kembali
  • Harga saat ini masih berada di dalam zona FR 61.8 s/d 78.6% yang mana masih merupakan level retracement normal harga, sehingga berpeluang untuk naik kembali
  • Harga saat ini juga tampak berpeluang untuk naik kembali dari garis tren terdekatnya saat ini, yang mana bertepatan dengan level area FR tersebut
  • Dan terakhir, harga juga berpeluang membentuk pola W saat ini untuk menyelesaikan Squeeze harga
  • Target kenaikan Monthly ada di 1.358

Weekly

  • Saat ini harga berada di dalam trend menurun kecil kemudian harga membentuk konsolidasi dengan adanya pola Inverted Head & Shoulders
  • Dimana saat ini Bahu kanan harga sedang dibentuk dan berpeluang untuk mencapai harga di kotak hijau tersebut yang berada di FR 161.8 dan juga di garis tren, sehingga berpeluang untuk menyelesaikan pembentukannya
  • Kemudian dengan penurunan yang kuat di Minggu lalu, sangat berpeluang akan adanya peristirahatan sementara, walaupun belum tentu bisa terjadi dan belum tentu akan memantul kencang

Daily

  • Dengan mengukur penurunan saat ini hampir mendekati angka FE 100% dengan retracement sebelum penurunan tampak valid mencapai FR 61.8%, maka peluang target harga untuk dicapai saat ini akan sangat besar
  • Di samping itu, tampak di zona harga tersebut berada di kisaran konsolidasi harga yang kuat pula
  • Harga juga saat ini sangat dekat dengan garis tren kuat harganya

H4

Line
Candlesticks

Penentuan titik beli selalu saya lakukan di H4:

  • Saya melihat adanya konvergensi momentum (MACD)
  • Namun perlu diperhatikan bahwa saat ini harga masih menunjukkan indikasi bearish sehingga saya masih tidak akan menargetkan kenaikan harga melewati titik tertinggi sebelumnya
  • Saya menargetkan kenaikan hanya pada kisaran level FR61.8% dari perkiraan penurunan yang telah terjadi, sehingga saya tidak menargetkan terlalu besar pula.

Trading Plan

Buy
@1.26735

SL
@1.26435

TP
@1.298

RRR
10.22x

Disclaimer

--

--

Christopher Tahir
Jurnal Trading

A tech, blockchain & cryptocurrency enthusiast. Sharing about trading in forex & cryptocurrency and also technology in blockchain