45 Daftar Rekomendasi Penulis Indonesia

Untuk kamu yang bingung ingin membaca tulisan siapa di Medium

Bagus Ramadhan
Komunitas Blogger M

--

Untuk kamu yang ingin membaca tulisan ini tanpa terhalang payar (pagar berbayar) gunakan link ini.

Menghidupkan ekosistem penulis di sebuah platform tidak hanya tergantung dari seberapa besar basis pembaca di platform tersebut, tapi juga tergantung dari seberapa awet penulis berada di tempat itu. Ini yang saya sadari bahwa beberapa tahun belakangan ini, penulis berbahasa Indonesia di Medium jumlahnya cenderung semakin sedikit. Saya tidak tahu apa alasannya, tapi saya merasa bahwa saya menjadi semakin kesepian sebagai pembaca bahasa Indonesia di sini.

Sejak tahun 2015 saya mengikuti akun-akun yang dulu aktif menulis, kemudian penulis tersebut tidak lagi aktif. Beranda dan lini masa saya kembali dipenuhi oleh tulisan-tulisan berbahasa Inggris yang sialnya kebanyakan terbatas oleh paywall yang sampai detik ini saya tidak jua berlangganan. Alhasil, saya semakin kesulitan untuk meluangkan waktu membaca dan berselancar di Medium akibat kebanyakan tulisan tidak bisa saya baca.

Perlahan, kebiasaan untuk membuka Medium menjadi terancam. Saya yang biasa membaca untuk kemudian menulis, menjadi mulai jarang sekali menulis. Alasannya karena kurang bahan, walaupun memang seharusnya saya bisa mendapatkan bahan…

--

--

Bagus Ramadhan
Komunitas Blogger M

Produsen konten berpengalaman 8+ tahun. Telah memimpin projek konten untuk 5+ Brand teknologi & menghasilkan 1 juta lebih traffic. Hubungi bagusdr@teknoia.com.