3rd Contribution : Add Student TOEFL SCORE validator

Aldo Bima
PMPL (Class Project Contribution)
2 min readDec 6, 2019

Kontribusi yang dilakukan

Pada profil nilai TOEFL Masih bisa dimasukkkan nilai lebih dari 677

Pada halaman profil mahasiswa terdapat berbagai macam informasi terkait dengan mahasiswa seperti misalnya nama lengkap, URL linked in, tahun masuk, dan lain-lain. Salah satu informasi lainnya adalah terkait skor TOEFLS mahasiswa. Umumnya di indonesia TOEFL memiliki nilai paling kecil 0 dan paling tinggi adalah 677. Namun pada versi sebelumnya (sebelum saya melakukan kontribusi) user dapat memasukkan nilai dibawah 0 dan di atas 677. Tentunya hal ini dapat membingungkan perusahaan apabila ada user yang iseng ataupun salah input. Maka dari itu saya membuat fitur valdiasi tersebut.

Setelah menerapkan fitur validasi tersebut, mahasiswa tidak lagi dapat memasukkan input nilai TOEFL secara sembarangan. Apabila mahasiswa memasukkan nilai diatas 677 atau dibawah 0 maka ketika menekan tombol submit request akan mengembalikan response code 400.

Penerapan Software Quality Assurance

Dalam pembuatan fitur ini tetunya saya tidak ingin mengurangi kualitas dari kode yang sudah ada. maka dari itu saya menerapkan TDD. Pertama-tama sebelum membuat implementasi saya membuat unit test terlebih dahulu. Setelah itu barulah saya memebuat implementasi fiturnya,

Tes yang dibuat

Pada pembuatan tes kali ini saya menrapkan konsep killing mutant. Saya membuat test case sebanyak 4 yaitu 0, 677, -1, dan juga 678. Test case ini diambil untuk membunuh mutant seperti di bawah ini :

  1. input test case 0 dapat membunuh mutant “if value ≤ 0 or value >677”
  2. input test case 677dapat membunuh mutant “if value <0 or value ≥677”
  3. input test case -1 dapat membunuh mutant “if value > 0 or value >677”
  4. input test case 678 dapat membunuh mutant “if value <0 or value <677”

--

--