Apa Sih yang Harus Ditulis di Laporan Penelitian?

Faizal Chan.
Risetnya Mfc
Published in
2 min readFeb 1, 2020

Mfc, Bandung - Apabila Anda mahasiswa sarjana suatu perguruan tinggi, apakah mungkin ada beberapa di antara Anda masih ada yang merasa belum mendapatkan gambaran maupun pemahaman terkait menulis sebuah laporan penelitian?

Saya pernah mengalaminya. Dulu.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, namun apa yang terjadi di sekitar saya, mayoritas adalah si mahasiswa tidak terlalu memperhatikan materi yang disampaikan oleh dosen pada mata kuliah Metode Penelitian. Banyak alasannya, entah memang si mahasiswanya yang memang malas ataupun memang tidak tertarik untuk meneliti.

Yang menarik adalah soal ketertarikan tersebut. Banyak “mahasiswa” program sarjana yang tidak suka meneliti, menjadikan “skripsi” sebagai momok, tanpa memahami betul apa yang mereka katakan tersebut.

Kenapa? Banyak sih alasannya. Khususnya terkait alasan mengapa mahasiswa program sarjana yang harus meneliti (skripsian) sebagai salah satu kewajiban yang harus ditunaikannya untuk mendapatkan ijazah. Salah satu hal yang saya yakini terkait hal tersebut, adalah skripsi (atau di beberapa program studi menyebutnya sebagai tugas akhir) merupakan suatu bentuk pembuktian bahwa si mahasiswa yang bersangkutan dapat memecahkan suatu permasalahan menggunakan suatu teori yang relevan, yang mana mencerminkan ciri seseorang yang sudah sarjana, atau dalam KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) menduduki tingkat enam.

Terkait hal tersebut, mungkin Anda bisa mengkajinya di Perpres nomor 8 tahun 2012 tentang KKNI.

Namun saat ini saya bukan ingin membahas hal itu lebih jauh. Tapi saya terpikirkan untuk “sedikit” membantu rekan-rekan mahasiswa yang akan melakukan penelitian tugas akhir tersebut. Saya sudah membuat board di Trello yang menjabarkan bagian-bagian atau pembabakan penulisan laporan penelitian tugas akhir, disertai sedikit penjelasan terkait apa yang harus ditulis pada masing-masing bagian tersebut.

Mungkin langsung saja, rekan-rekan dapat mengaksesnya di :
https://trello.com/b/ns2zoqli/laporan-penelitian-ilmiah

Sebenarnya tulisan saya ini melengkapi tulisan saya sebelumnya; “Yuk Berkenalan dengan Kerangka Penulisan Laporan Penelitian”. Jika Anda belum membacanya silakan baca terlebih dahulu dan membagikannya ke rekan-rekan mahasiswa yang lain hehe…

Notabene : Mungkin board tersebut akan saya update terus untuk menyempurnakan apa yang terjabarkan di sana.

--

--

Faizal Chan.
Risetnya Mfc

Actually a UX researcher, but often work as UX engineer. Jack of all trades, Master of Management.