Revamp Aplikasi Bimatri (UIUX Case Study)

Afifhusain
UX Orbit Design
Published in
16 min readDec 22, 2020

"Apa yang kamu harapkan dari aplikasi provider?"

Overview πŸ“ƒ

# Hello, please read before continue

Penting : Di dalam pembuatan studi kasus ini saya tidak terikat apapun dengan pihak yg bersangkutan yaitu PT. Hutchison 3 Indonesia maupun pihak lainnya yg terlibat dalam pembuatan aplikasi tersebut.

Studi kasus ini murni tentang pendapat personal saya dan bahan pelajaran untuk saya agar bisa lebih mengasah skill saya dalam bidang UIUX. Pembuatan studi kasus ini juga didasari untuk memenuhi tugas mata kuliah di kampus saya.

# About the case study

First thing first , who am I? πŸ‘¨β€πŸŽ“

Hallo teman semua, nama saya Afif Husain Makalalag, saat ini saya sedang menjalani tahun ke 4 saya sebagai mahasiswa di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) , dalam program studi S1 jurusan sistem informasi.

Sebagai seorang mahasiswa tentunya hidup harus serba hemat, sampai kuota pun harus hemat. Agar tetap bisa hemat saya menggunakan aplikasi dari provider yaitu Bimatri, harapannya dengan aplikasi itu saya bisa memantau penggunaan internet saya.

Tetapi sayang sekali, Bimatri tidak memiliki fitur ini, hanya ada fitur pengecekan kuota , itu pun kurang di highlight di aplikasi ini, bahkan aplikasi Bimatri ini lebih untuk menampilkan promosi-promosi dari produk tri saja.

Namun kembali lagi, untungnya di aplikasi Bimatri ini saya masih bisa cek berapa kuota yang saya miliki, seperti kuota internet, telepon, sms , dan saya juga bisa tau jumlah point Bonstri yang saya miliki.

Experience during using the application πŸ‘€

Selama penggunaan aplikasi Bimatri ini jujur saya cukup terbantu, dengan adanya fitur pengecekan kuota disini. Awalnya, sebelum saya pakai aplikasi Bimatri saya untuk cek kuota itu lewat Dial in, dan itu bikin repot.

My concern about this app πŸ™ˆ

Walaupun saya cukup terbantu dengan adanya fitur ini. namun kebutuhan saya yang paling dasar belum terpenuhi, dengan adanya sistem informasi ini kebutuhan saya tentunya jadi semakin kompleks juga , hadirnya sistem informasi seperti ini seharusnya tidak hanya membantu saya untuk cek kuota, tapi juga bisa membantu saya memanage kuota.

Bimatri? What is it? πŸ€”

Seperti aplikasi provider lainnya, Bimatri adalah aplikasi layanan yang menyediakan informasi dan komunikasi khusus untuk pengguna provider tri di indonesia seperti menyediakan fitur pembelian kuota internet, nelpon, dan SMS , pengguna juga bisa membeli voucher games, musik, ataupun film.

What is the initial purpose of this application? πŸ“

  • Application function (old)

Walaupun Bimatri merupakan aplikasi provider, namun fitur promo dan iklan lah yang paling di highlight di aplikasi ini, setiap halaman pasti ada section untuk promonya, Maka menurut saya hadirnya aplikasi ini adalah salah satu cara pihak tri dalam memotong dana promosi mereka, karena logikanya daripada menghabiskan dana untuk promosi, iklan, dll di banyak tempat, cukup promosi aja di aplikasi ini.

  • Application function (new)

Dengan saya revamp aplikasi ini, saya ingin lebih memfokuskan penggunaan atau fungsi dari aplikasi ini lebih ke fitur pengecekan kuota/Informasi kuota dan fitur seperti management kuotanya yang akan saya tambahkan nanti, agar aplikasi ini lebih berguna bagi para user dalam hal memanage pemakaian kuota mereka.

# Sneak peek My Role

  • UX Researcher (Melakukan pencarian & pengambilan data)

Sebelum membuat desain untuk tampilan yang baru, dalam prakteknya saya melakukan riset terlebih dahulu, mencari data melalui partisipan, dan informasi seputar aplikasi ini.

  • UX Designer (mencari dan memberikan Solusi terbaik berdasarkan masalah dan kebutuhan)

Setelah melakukan pencarian data saya juga tentu harus memberikan solusi bagi saya pribadi dan juga orang lain berdasarkan masalah dan kebutuhan, dengan melakukan proses desain pada sistem informasi yang akan saya revamp.

  • UI Designer ( Menciptakan tampilan yang ramah pengguna & indah di mata berdasarkan kebutuhan)

Terakhir yaitu saya merancang tampilan visual dari aplikasi ini, goals saya disini yaitu membuat tampilan aplikasi yang mengikuti tren, modern, namun yang paling penting yaitu tetap ramah pengguna.

Empathize πŸ”Ž

# I need the data ASAP

What method I’m using πŸ§ͺ

Dalam pembuatan case study ini saya menggunakan pendekatan/metode Design Thinking, yang dimana terdapat 5 tahapan dalam pendekatan ini yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.

Maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pencarian data, dan metode yang saya gunakan dalam pencarian data ini adalah menggunakan kuisioner dan interview langsung.

Goals dari pembuatan kuisioner ini yaitu :

  • Mengetahui keresahan partisipan dalam penggunaan aplikasi provider
  • Mencari goals para partisipan dalam penggunaan aplikasi provider

Untuk mencari data yang saya inginkan maka saya perlu menyusun list pertanyaan yang mendukung penelitian saya, maka dari itu dibuatlah pertanyaan seperti berikut :

  1. Sebelumnya apa kamu sudah pernah menggunakan aplikasi provider ?
  2. Aplikasi provider apa yg sudah pernah kamu coba?
  3. Menurut kamu aplikasi provider itu gunanya apa sih?
  4. Menurut kamu, untuk keperluan cek kuota data, dan monitoring data itu perlu gak sih lewat aplikasi provider?
  5. Menurut kamu fitur apa yang harus banget ada di aplikasi provider?

The data coming from everywhere πŸ“

Setelah menyusun pertanyaan untuk kuisioner saya membuat google form, agar pertanyaanya tepat sasaran maka saya bagikan pertanyaan itu ke grup seperti grup telegram , whatsapp, dan discord, yang dimana grup itu masih ada hubungannya dengan dunia UIUX.

Targeted Questionnaire Participant🎯

Untuk target partisipan dalam pengambilan data kuisioner, saya mengambil rentang usia, alasannya adalah jika saya mengambil data usia maka cakupannya akan lebih luas, berikut cakupan usianya :

  1. 17 sampai 19 tahun
  2. 20 sampai 24 tahun
  3. 25 sampai 30 tahun ke atas

Let’s do the interview 🀳

Partisipan interview saya kali ini adalah teman saya, sebut saja Andy (nama samaran), berumur 23 Tahun, dia bekerja sebagai UIUX Designer di salah satu startup yang berada di bandung, dia hoby sekali main game , dan orangnya Rapih, Tidak sabaran, Pelupa, dan Perfeksionis.

  • Intro

Q : Menurut kamu aplikasi BimaTri itu gimana sih?

A : Bagus sih saya suka, menurut saya itu inovasi yang menarik dari tri karena dengan adanya aplikasi ini saya jadi bisa beli kuota dengan mudah.

Q : Fitur apa saja yang sering kamu gunakan di aplikasi ini?

A : Fitur Untuk beli kuota, saya sering membeli kuota lewat aplikasi ini, pilihan pembayarannya juga cukup bervariasi, dan saya bisa memilih kuota yang saya mau, saya juga cek kuota lewat aplikasi ini.

Q : Keunggulan aplikasi ini menurut kamu apa?

A : Sebenarnya bukan keunggulan ya karena aplikasi yang lain juga punya fitur ini, yaitu kita bisa cek kuota yang kita punya lewat aplikasi ini.

  • Seeking the pain point

Q : Apa kekurangan dari aplikasi ini menurutmu ?

A : Menurut saya tampilannya kurang menarik ya? bikin pusing gitu kadang kaya bagian yang ini kekecilan trus ada yang terlalu besar, kalau menurut saya bikin pusing sih itu.

Q : Apa kamu memiliki kendala dalam penggunaan aplikasi ini?

A : Untuk awal-awal sih iya ada, kaya saya sempat bingung soal penempatan tombol-tombolnya karena kaya tersebunyi gitu, tapi kalau udah terbiasa mah fine aja sih.

Q : Apa hal yang kamu inginkan berubah dari aplikasi ini ?

A : Mungkin tampilannya ya? kaya rekomendasi dan promo itu gausah terlalu di tonjolin lah, yang penting kan kita bisa beli kuota trus cek kuotanya juga kan, terus kalau saya ingin fitur recently buy gitu di pertegas lagi jadi paket yang udah kita beli bisa kita beli lagi dengan mudah tanpa kita harus cari ke halamannya.

Define πŸ’¬

#Define the solution

Defining the data from the questionnaire, and interview⚑

Melaui pencarian data dengan kuisioner, jawabannya dominan diisi oleh partisipan dengan rentang usia 20 sampai 24 tahun, dibawah ini adalah rangkuuman dari keseluruhan jawaban partisipan.

Untuk pertanyaan pertama yaitu β€œsebelumnya apa kamu sudah pernah menggunakan aplikasi provider ?” Opsi yang saya berikan disini adalah pernah atau tidak pernah dan semuanya menjawab β€œPernah”.

Selanjutnya untuk pertanyaan kedua yaitu β€œaplikasi provider apa yg sudah pernah kamu coba ?” agar menghindari Miss dalam pengambilan data, maka disini saya memberikan opsi aplikasi provider selain Bima tri, seperti switch, by.u, My Smartfren, My Telkomsel , untuk jaga-jaga siapa tau tidak ada yang menggunakan Bimatri.

Dan benar dugaan saya dari keselurhan partisipan , 20% partisipan menjawab My telkomsel, 20% My Smartfren, dan 60% memilih By.U , tidak ada yang menjawab BimaTri.

Di pertanyaan ketiga yaitu β€œmenurut kamu aplikasi provider itu gunanya apa sih ?” jawaban untuk pertanyaan ini :

  • Untuk memantau penggunaan data.
  • Agar dapat melihat daftar paket, supaya bisa langsung beli jadi tidak perlu datang ke konter.
  • Menampilkan Info tentang pulsa/data.
  • Untuk membeli pulsa/paket data.
  • Memfasilitasi pengguna kartu tersebut untuk mendapatkan fitur terbaru dari provider nya.

Masuk ke pertanyaan ke empat, disini saya menanyakan soal fitur yang ingin saya redesign dan saya tambahkan, apakah berguna untuk mereka? yaitu β€œmenurut kamu, untuk keperluan cek kuota data, dan monitoring data itu perlu gak sih lewat aplikasi provider ?” jawaban untuk pertanyaan ini :

  • Sangat penting, karena sebelumnya jika ingin cek kuota harus menghafal kode nomornya.
  • Perlu banget terutama yg emang nggak punya wifi, jadi penggunaan data bisa dikontrol.
  • Perlu, daripada menggunakan dial in lebih praktis langsung dicek di aplikasi providernya.
  • Perlu, agar lebih praktis.
  • Menurutku ga begitu perlu, soalnya udah biasa cek kuota lewat Dial in.

Selanjutnya ke pertanyaan terakhir, untuk mempertegas keinginan partisipan yaitu β€œmenurut kamu fitur apa yang harus banget ada di aplikasi provider ?” dan jawaban ini :

  • GIS yang menunjukkan outlet kantor cabang dari provider.
  • Penggunaan harian, jadi hari ini kita pake berapa GB atau MB, kalau bisa disertai juga aplikasi apa aja yg menggunakan data.
  • Informasi tentang penggunaan kuota, masa tenggang, info promo jadi pihak provider tidak perlu mengirimkan info via sms lagi.
  • Untuk membeli paket data atau beli pulsa
  • Untuk menampilkan fitur promosi dari pihak provider

Kesimpulan yang saya dapat dari kuisioner dan dari hasil interview saya bersama teman saya yaitu :

Problem :

  • Pain point 1 : Tampilan aplikasi kurang baik jika dibandingkan dengan aplikasi lain BimaTri ini kurang mengikuti tren yang ada, dan kurang user friendly karena untuk mengakses halaman tertentu kita perlu mengaksesnya melalui β€œtombol tersembunyi” yang dimana kita harus terbiasa dalam menggunakan aplikasi ini agar kita bisa tau letak tombol-tombol tersebut.
  • Pain point 2 : Aplikasi provider, seharusnya bisa menampilkan penggunaan kuota data perhari, perbulan, dan pertahaun, aplikasi juga dapat menampilkan penggunaan kuota setiap aplikasi yang digunakan selama pemakaian internet.
  • Pain point 3 : Meskipun tidak menjadi highlight saya dalam study case ini namun beberapa partisipan masih ada yang memerlukan fitur promo di aplikasi ini.
  • Pain point 4 : Fitur membeli paket data,pulsa dan paket lainnya disini sangat penting, karena banyak dari partisipan yang menggunakan aplikasi untuk keperluan membeli kuota atau pulsa.

Solution :

  • Menciptakan tampilan yang user friendly dan mengikuti tren masa kini, tentu dengan begitu user akan semakin dimanjakan dan dibuat nyaman oleh tampilan aplikasi yang baru, saya juga tentunya perlu memikirkan kenyamanan pengguna dalam mengoprasikan aplikasi ini, seperti peletakan tombol yang manusiawi, layout yang jelas dan mudah untuk diakses, agar pengalaman pengguna semakin baik dan memuaskan.
  • Aplikasi ini juga fokus dalam menampilkan informasi yang user butuhkan seperti nomor, masa tenggang, dan pulsa, fitur pengecekan kuota juga tentunya akan saya perjelas agar pengguna juga lebih mudah dalam mengakses dan mendapatkan informasi dari fitur ini.
  • Fitur pembelian paket data,pulsa dan paket lainnya juga akan saya redesign , berhubung fitur ini tebagi menjadi bebrapa menu , maka akan saya gabung menjadi satu fitur yaitu β€œmarket”.
  • Saya juga akan menambahkan fitur management kuota, fitur ini berfungsi untuk menampilkan informasi pemakaian kuota perhari, perbulan, dan pertahun, informasi tentang aplikasi apa saja yang menggunakan kuota juga akan ditampilkan.
  • Walaupun menurut saya fitur promo kurang penting, namun fitur ini perlu saya redesign .

Ideate πŸ’‘

# Make the new sitemap

Old Sitemap vs New Sitemap πŸ₯Š

Kita masuk ke perancangan sitemap. mari kita compare kedua sitemap dibawah ini :

Rancangan Sitemap (Old)

Old Sitemap flow :

Di sitemap existing ini, ada 2 flow inti yaitu Home, dan Navbar, di halaman home terdapat konten yang di highlight berupa paket yang direkomendasikan, promosi, dan juga yang paling penting adalah fitur pengecekan kuota/Informasi kuota.

Di dalam fitur pengecekan kuota/Informasi kuota terdapat Kuota Internet, Kuota SMS, Kuota Telfon, Pulsa, Bonstri.

Di dalam aplikasi fitur ini tebagi dari beberapa icon, yang jika di klik masing masing memiliki tujuan halaman yang sama yaitu halaman Informasi kuota, yang berisi info kartu, Info Paket, Profilku. kecuali Bonstri jika di akses maka akan masuk ke halaman Bonstri lewat external website, Hal ini menurut saya kurang effisien, karena setiap fitur disini mengarah ke satu halaman yang sama. Selanjutnya ada flow promosi, yang jika diakses akan masuk ke halaman informasi promosi.

Lalu di navbar terdapat menu yang akan masuk ke fitur-fitur dari aplikasi ini yaitu 3 product, Music, Movies, Apps & Games, Bima market.

Rancangan Sitemap (New)

New Sitemap flow :

Di sitemap yang baru saya mengubah untuk Flow pengecekan kuota menjadi lebih effisien, karena setiap fitur disini di buat kedalam satu section box yang jika di klik maka akan masuk ke halaman Informasi kuota. untuk fitur promosi tetap sama namun disini bisa diakses dengan cara swipe ke bawah maka akan muncul promosi dari pihak tri.

Perbedaan dengan sitemap yang lama adalah, disini fitur 3 product, Music, Movies, Apps & Games, Bima market saya gabung kedalam satu fitur yaitu market. jadi di sitemap yang baru aplikasi hanya memiliki 4 menu yaitu Home, Management quota, Market, dan Account.

Fitur baru yaitu Management quota yang berfungsi untuk menampilkan informasi pemakaian kuota perhari, perbulan, dan pertahun, informasi tentang aplikasi apa saja yang menggunakan kuota juga akan ditampilkan.

# User Flow ahead

The user will do this, this and this πŸ™Œ

Dalam perancangan userflow memberikan saya gambaran bagaimana flow user saat menggunakan aplikasi ini , mari kita breakdown userflownya di gambar dibawah ini :

Rancangan User flow

Disini user akan memiliki dua akses yaitu apakah user akan tetap di halaman home atau user akan mengakses fitur aplikasi yang ada di navbar,

Home :

  • Jika tetap di home maka user dapat mengkases fitur pengecekan kuota atau fitur promosi, disini juga terdapat paket rekomendasi yang berada di bawah fitur pengecekan kuota, lalu fitur promosi dapat diakses dengan cara swipe down di bagian yang telah ditentukan, maka promosi dari aplikasi ini akan muncul.
  • Jika user memilih fitur pengecekan kuota, maka akan muncul informasi kuota yang lebih detail seperti total kuota internet, SMS, dan Telefon, user juga dapat melihat paket apa saja yang sedang aktif, dan bisa melakukan pembelian ulang, dan terdapat macam-macam paket kuota internet yang user miliki. disini saya menghilangkan fitur bonstri, alasannya karena tidak menjadi fokus saya.

Lanjut ke navbar, disini saya ubah hanya menjadi 4 fitur saja, yaitu Home, Management Quota, Market, dan account/akun.

Navbar :

  • Pada bagian Management Quota user dapat melihat pengeluaran kuota internet dalam jangka waktu harian, bulanan, atau tahunan, dan terdapat juga bagian untuk menampilkan aplikasi apa saja yang menggunakan internet, dan berapa total pemakaiannya.
  • Di fitur market yang dimana sudah saya ubah , sebelumnya fitur ini terpisah yaitu ada 3 product, Music, Movies, Apps & Games, dan Bima market , disini semuanya saya gabung kedalam fitur market , karena masing-masing fitur memiliki kriteria objek sama.
  • Lalu, ada fitur account/akun , fitur ini saya tidak redesign namun saya menyarankan fitur ini ada di navbar, sebenarnya pertimbangan akan fitur ini berada di navbar belum sepenuhnya fiks, hanya untuk sementara saja dan untuk alasan estetika fitur ini berada di navbar.

# Creating wireframe

This is the wireframe πŸ”§

Berikut adalah tampilan wireframe berupa desain Lo-fi adalah sebagai berikut :

Rancangan Wireframe

# Creating visual

Old face vs New face πŸ₯Š

Setelah melakukan proses yang panjang dari melakukan pencarian data, pembuatan flow , konsep desain, maka kita masuk ke tahap terakhir yaitu pembutanan visual yang baru untuk aplikasi ini,

Objektif yang ingin saya capai di visual yang baru ini adalah :

  • Clean (Kesan bersih pada desain tampilan)
  • Subtle (Penempatan komponen yang rapih)
  • User Friendly (Ramah da nyaman bagi user baru maupun lama)

Untuk visual atau dari aplikasi Bimatri berikut komponen desain sistemnya :

Komponen desain sistem

Dan untuk komparasi tampilan lama dan baru berupa desain Hi-fi adalah seperti dibawah ini :

Tampilan Home (old vs New)

What’s New ?

  • Bagian top bar diubah dengan hanya menampilkan breadcrumbs dan notification, searchbar dihapus dan dipindahkan ke halaman lain.
  • Tampilan dari fitur pengecekan kuota/informasi kuota diubah sedemikian rupa agar lebih userfriendly dan lebih terhighlight.
  • Akses pada fitur promosi diubah flownya dengan cara swipe down agar masuk ke halaman promosi.
  • Tampilan paket rekomendasi di rubah.
  • Terdapat akses ke informasi kartu di bawah topbar, dan user dapat mekaksesnya dengan klik profile picture, user juga bisa melakukan top up pulsa melalui CTA yang tersedia.
Tampilan pengecekan kuota/Informasi kuota (old vs New)

What’s New ?

  • Disini saya merubah fokus utama dari halaman ini yaitu dengan lebih menghighlight informasi kuota.
  • Terdapat paket yang sedang aktif, user juga bisa membeli paket itu lagi.
  • lalu ada breakdown dari daftar paket yang dimiliki oleh user.
Tampilan Market (old vs New)

What’s new?

  • Fitur 3 product, Music, Movies, Apps & Games, Bima market yang tadinya dipisah dan berada di navbar disini saya gabung kedalam menu market, karena element di dalamnya sama, dan card ataupun komponennya sama jadi lebih baik jika di gabung kedalam satu fitur saja.
  • Lalu ada fitur paket yang terakhir dibeli, disini tampilannya saya ubah agar lebih menonjol.
  • lalu ada menu pilihan dari masing-masing fitur, seperti 3 product yang memiliki menu paket, data , isi ulang , nelpon & SMS, Roaming begitu juga fitur yang lainnya.

New feature Quota Management ⭐

Selajutnya ada penambahan fitur baru yaitu managemen kuota, fitur ini dapat diakses melalui menu di navbar, tampilanya seperti ini :

Tampilan Managemen kuota

Feature :

  • Disini user dapat melihat pemakaian kuota mereka melalui grafik yang fluid dan menarik.
  • user juga dapat melihat pemakaian kuota mereka berdasarkan harian, bulanan atau tahunan
  • Terdapat fitur yang menampilkan pemakaian kuota berdasarkan aplikasi yang digunakan oleh user, ini membuat pemakaian kuota user lebih transparan dan mudah di lacak.

Wich feature will be used frequently? πŸ†

Berdasarkan data yang saya dapatkan , di dalam aplikasi ini user akan lebih sering menggunakan fitur :

  • Pengecekan kuota/informasi kuota, dan Management Quota

Alasannya karena fokus utama aplikasi ini lebih berfokus kesana, maka fungsi aplikasi ini sepenuhnya ada di fitur ini, jadi dalam penggunaannya user akan sangat sering menggunakan fitur ini. Fitur ini juga hadir sebagai solusi bagi user yang memiliki masalah dalam pengecekan informasi kuota data mereka, dan dalam hal memanage kuota mereka, kembali lagi fitur ini merupakan fitur utama dari aplikasi ini maka saat user membuka aplikasi ini , niat awal mereka adalah untuk memanage kuota mereka.

  • Market

Sudah pasti fitur ini yang menjadi alsan kedua kenapa user menggunakan aplikasi ini, dikarenakan banyak partisipan yang menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk membeli kuota, paket data, dll maka fitur ini tentu menjadi alasan kenapa user menggunakan aplikasi ini.

Prototype πŸ“²

#Testable prototype & Interaction

Here is the prototype πŸ“

Untuk melakukan prototype saya menggunakan Figma. Berikut tampilan dari flow protopype aplikasi ini :

Perancangan Prototype

The output prototype testing πŸ“±

Untuk memperjelas flow dari aplikasi ini seperti apa, berikut output dari testing prototype yang saya buat :

Presentasi output redesain

Testing πŸ“

Tahap selanjutnya adalah melakukan pengujian, disini saya melakukan pengujian terhadap beberapa orang pada aplikasi ini, media untuk pengujian ini adalah menggunakan prototype figma , cara kerjanya adalah pertama saya memberikan link prototype ini kepada para partisipan melalui aplikasi pesan singkat seperti Whatsapp, telegram , dan discord, serta brief singkat tentang aplikasi ini, selanjutnya para partisipan akan mencoba aplikasi ini, lalu terakhir mereka diminta untuk memberikan tanggapan mereka.

Adapun objektif dari aplikasi ini adalah :

  • Aplikasi mudah digunakan
  • Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan
  • Fitur di dalam aplikasi mudah ditemukan
  • Interface mudah dipelajari
  • Kebutuhan user cepat teratasi
  • Tampilan aplikasi mudah diingat.

Brief For participant πŸ“•

β€œ Ini adalah aplikasi provider yang berguna untuk memanage penggunaan kuota dalam jangka waktu harian, bulanan, atau tahunan. Dalam penggunaannya secara general aplikasi ini memiliki fitur untuk menampilkan jumlah kuota yang kamu miliki, nomor telefon, jumlah pulsa, dan informasi penting lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membeli pulsa, paket internet, atau voucher games/film dsb, agar kamu lebih bisa mudah mencari promo dalam aplikasi ini disediakan juga pilihan promo-promo yang lengkap dan tentunya menarik dari provider khusus untukmu. β€œ

Task for participant πŸ“‘

β€œKamu diminta untuk menggunakan aplikasi ini, mencoba fitur-fitur yang ada di aplikasi ini, dan berikan pendapat, kendala dan apa yang kamu rasakan saat menggunakan aplikasi ini, ”

Objektif dalam pengujian ini adalah :

  • Partisipan mudah dalam menggunakan aplikasi.
  • Partisipan menyukai user interface aplikasi yang baru.
  • Partisipan mengetahui fungsi dari masing-masing fitur yang tersedia.
  • Partisipan merasa terbantu dengan hadirnya fitur managemen kuota.

Ukuran dari pengujian disini adalah Usefulness, Effectiveness, Efficiency, dan Obstacles. Maka dari proses pengujian pada beberapa partisipan didapatkan data sebagai berikut :

Usefulness πŸ‘‹

  • Saya jadi bisa melihat penggunaan kuota saya dengan aplikasi ini.
  • Saya Suka fitur info kuota ini saya juga bisa lihat aplikasi apa saja yang menggunakan internet.
  • saya suka tampilan marketnya , digabung jadi satu seperti ini.

Effectiveness πŸ˜†

  • Mengecek kuota jadi lebih mudah dengan layout seperti ini, lebih jelas.
  • Saya suka penempatan pembelian paket terakhir ini, saya jadi mudah untuk beli paket favorit saya.
  • Tampilannya seger dan bikin saya nyaman untuk berlama-lama di dalam aplikasi.

Efficiency πŸ‘

  • Akses menu mudah diingat , layoutnya juga indha dimata jadi saya tidak perlu pusing menghafal tampilannya.
  • Beli kuota yang kita suka gampang tinggal buka market lalu beli deh selesai.
  • Cukup tekan top up untuk beli pulsa, keren sih, tapi dilanjutkan lagi ya esainnya.

Obstacles πŸ’£

  • Masih ada beberapa desain yang belum rampung.
  • Warna desain kurang pas di mata saya.
  • Fitur promosi tersembunyi, jika orang tidak tau ada tulisan swipe maka orang tidak akan pernah tau.

Demikianlah proses testing dari aplikasi ini, jika dilihat dari data yang saya dapat maka objektif says dalam pengujian ini sudah terpenuhi. walaupun ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini , namun akan saya perbaiki segera.

Conclusion βœ…

#We are at the end of the study case

Setelah melakukan berbagai macam proses design thinking mulai dari Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test akhirnya hasil dari perancangan ini berkahir dengan memuaskan teruntuk saya pribadi, karena dalam pembuatan study case ini saya belajar banyak hal, berangkat dari keresahan pribadi , dan keinginan untuk memecahkan masalah yang dihadapi sampai pada memberikan solusi kepada diri sendiri dan bahkan kepada orang lain, harapan saya akan aplikasi yang memenuhi kebutuhan saya pun tercapai, walaupun masih jauh dari kata sempurna namun kedepannya semoga saya bisa melengkapi ke tidak sempurnaan ini menjadi sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat nantinya, bagi saya ataupun bagi orang lain.

Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat!

About me

10517070 β€” Afif Husain Makalalag

Program Studi Sistem Informasi

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Universitas Komputer Indonesia

Follow me on Instagram | Dribbble

Tools

Design & Prototype: Figma

Gathering data & Interviews: Whatsapp, Telegram, Discord

Writing : Medium

--

--

Afifhusain
UX Orbit Design

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia | UI UX Designer and Illustrator from Bandung City, Indonesia.