Cerita Dari Padang Pasir Yang Tidak Padang Pasir-Padang Pasir Amat (S01 E09)

E. Juaryo
3 min readOct 6, 2019

--

Bertemu lagi kita, gaes. Seperti biasa, kalo belum baca, mulai dari sini dulu biar okesip.

Sekitar sebulan kemudian, Houssam tiba-tiba meneleponku dan cuma bilang, “Erie, welcome back to Riyadh Gallery.” Jadilah mulai besoknya aku kembali ke Brat Sucks Riyadh Gallery, and this time, aku dapet closing shift, kerja dari jam 4 sore sampe 12 malam.

Toko di mall ini selalu santai di pagi hari, dan ramai di malam hari. Jangan tanya deh kalo weekend. I used to call it Thursday Night Massacre. Karena kalo pas jam istirahat sholat isha aku nongkrong di lobby mall, udah keliatan tuh antrian mobil-mobil yang berusaha masuk. Dan selalu panjang.

Anyway, di jam-jam istirahat ini kadang aku bertemu dengan sesama orang Indonesia, biasanya sopir. Mereka biasanya nanya aku kerja di mana? Dan gaji berapa? Kalo di Saudi, ditanya gaji ya biasa aja sih, gak gimana-gimana juga. Jadi ya kujawab jujur aja. Komen dari mereka kira-kira sama, “Enak ya, kerja di perusahaan. Jam kerja jelas, ada libur. Gak kaya saya, kerja jadi sopir. Semau-maunya dia (majikan) aja udah.”

Beberapa dari mereka juga bertanya berapa uang yang aku habiskan buat kerja di Saudi. Waktu kubilang aku cuma habis 5 juta sudah termasuk bikin paspor dan bekal bulan pertama di sini, mereka kaget. “Kok murah ya, mas?” Ternyata banyak dari mereka yang habis 9 juta, 12 juta, bahkan sampai di atas 20 juta demi untuk bekerja di Saudi. Itu juga ada yang ditelantarkan PJTKI dulu, ada juga yang pas nyampe sini malah gajinya gak sesuai. Kalo sesuai pun, gajinya masih jauh di bawah gajiku saat itu.

Waktu aku berangkat, memang gak habis banyak, karena tiket dan headhunter fee memang dibayarin kantor. Nah, kalo buat pekerja domestik aku kurang tau deh gimana sistemnya. Pernah denger yang dipotong gaji dulu selama beberapa bulan setelah bekerja, atau ya itu tadi, bayarnya mahal banget. Tapi kurasa gak nutup kemungkinan ada percaloan juga sih..

Salah satu sopir ini pernah bilang kalo dia punya anak, kira-kira seumuranku, pengen dibawa kerja ke Saudi juga, tapi mau kerja apa, dia cuma lulusan SMA. Kujawab “Saya juga lulusan SMA, pak” “Tapi mas kan bisa bahasa Inggris.” Yah, jaman sekarang mah bisa bahasa Inggris kan standar ya.

Entahlah, mungkin aku yang menolak melihat dari point of view si bapak, tapi aku sering merasa kalo bangsa Indonesia ini punya self esteem yang rendah banget. Padahal kalo urusan kualitas kerja, gak kalah kok sama orang Filipina. Plus point malah bangsa kita ini gak rewel.

Yak mari balik ke kerjaan.

Kerja di Brat Sucks cabang mall itu udah kaya rock star deh, abisan orang-orang udah pada antri sebelum waktu sholat selesai. Antriannya bisa 10 meteran kali 2 jalur. Dan yang suka bikin heran, kalo kita kan liat orang antri, ya ambil tempat di belakang dia dong. Orang sini, biasanya cewek, malah ambil tempat di sebelah orang tadi. Nanti pas buka toko malah pada berantem soal siapa datang duluan. Bodo amat orang-orang di belakang mereka jadi keganggu semua. Pokoknya ribut dulu. Hiburan nih hiburan. HaAdeEeEeH.

Belum lagi kebiasaan gak tau mau order apa. Di depan kasir baru mikir, lama. Nanti orang-orang di belakangnya teriak marah-marah. Sehari-hari itu mah. Udah biasa banget.

Oh iya, karena kebiasaan orang sini itu cuma mikirin diri sendiri doang, kelakuannya suka aneh banget. Pernah ada yang nanya, “Di sini tempat merokok di mana ya?” “Oh, di parkiran, pak. Di luar.” “Di dalem gak boleh?” “Enggak.” “Satuu aja.” YA MENURUT BAPAK?! *emosi*

Kali lain, pas tutup waktu sholat, tau-tau ada orang gak dikenal masuk ke back office yang letaknya sebelah toko. Terus dia nutup pintunya. Ternyata dia mau.. numpang merokok. *mangap*

Ada juga yang dateng pagi-pagiiii banget ke mall, sebelum jam buka. Terus blah-bloh keliling mall. Semua masih tutup. Liat pintu back office Brat Sucks terbuka, dia nyamperin, mau.. pinjem earphones. WHYYY.

Suatu hari, aku dateng agak pagi ke mall. Sebelum jam 8, mau lewat Gate 6. Ditanya sama security, “Kerja di mana?” “Brat Sucks.” “Apaan itu?” “Coffeeshop.” “Ada kopi buat saya nggak?” “Gak ada.” “Kalo gitu gak boleh masuk.” Aku udah tunjukin kartu askes mall juga tetep gak boleh masuk. Pokoknya tidak ada jatah, tidak boleh masuk. TITIK.

Akhirnya aku bisa masuk via loading dock. Dan tebak siapa yang dateng 15 menit kemudian? Yak, si security tadi. Kali ini nadanya sungguh friendly, “My friend, can you give me coffee?” Tentu saja kutolak dengan riang gembira aw yeaaah!

Kenapa sih dengan orang-orang lokal ini?

Di episode berikut, aku akan bercerita tentang nyasar 2 jam di Makkah, gak bisa bahasa Arab, gak kenal siapa-siapa, gak tau nama hotel tempat aku menginap, dan.. gak pake kolor. Stay tuned!

--

--