Computer Vision

Shafwan Aminudin M.
3 min readMar 29, 2020

--

Image from skywell software

Well, hello!

Di masa pandemi COVID-19 ini, saya cenderung kurang produktif dan kurang memaksimalkan waktu dan kesempatan. Udah masuk jadi #KaumRebahan dan #Mageran wkwk. Deep inside, saya ingin keluar dari zona nyaman dan kembali produktif selayaknya masa-masa sebelum pandemi COVID-19 diberitakan di Indonesia. Live a healthy life!

Alhamdulillaahnya, saya sudah punya akun medium ini yang bisa saya gunakan untuk mengekspresikan segala sesuatu yang ada di pikiran saya dan hopefully bermanfaat bagi kalangan pelajar. Yap, karena saya akan membahas beberapa materi yang saya pelajari dan pahami selama #DiRumah.

Materi yang akan saya bahas yaitu seputar Computer Vision. Pertanyaan pertama yang mungkin muncul adalah “Apa itu computer vision?”. Ada banyak penjelasan untuk menjawab pertanyaan ini.

What is computer vision?

Kita mulai dari tujuan computer vision, yang mana adalah untuk menuliskan program komputer yang dapat mengintrepertasikan citra. Setidaknya itu yang dikatakan oleh Prof. Steve Seitz. Setiap citra memiliki cerita, mengatakan sesuatu yang terjadi di saat citra itu diambil. Proses yang terjadi pada computer vision adalah kita memberikan input citra kepada komputer, kemudian yang dihasilkan adalah sesuatu yang memiliki makna terhadap citra tersebut. Kita akan mengekstrak, melakukan interpretasi, menghasilkan suatu pemahaman yang merepresentasikan suatu citra.

Beberapa orang menganggap bahwa image processing ( pengolahan suatu citra: memberikan input citra dan menghasilkan citra baru ) itu sama dengan computer vision. Sayangnya, kedua hal tersebut berbeda. Image processing itu merupakan bagian dari computer vision. Artinya, kita akan menggunakan image processing dalam proses computer vision.

Jadi, pada dasarnya computer vision adalah tentang memahami sesuatu yang ada pada citra.

Why study computer vision?

Mungkin beberapa dari kalian sudah bisa menjawab pertanyaan ini. Ada yang terpaksa belajar karena mengambil studi terkait computer vision kemudian kesulitan dan akhirnya mencoba gugling dan menemukan artikel ini, atau sedang mengumpulkan pundi-pundi uang dari berbagai produk terkait bidang ini ( lol ), atau karena jiwa baik kalian yang sedang ingin memberikan manfaat yang besar to society ( Appreciate it! ).

MIT self driving car using computer vision (image from MIT News)

Sebetulnya, ada alasan-alasan tertentu kenapa kita mempelajari computer vision. Citra ( termasuk pada video ) telah banyak digunakan pada berbagai macam teknologi. Kalian bahkan sudah banyak menggunakannya dalam keseharian kalian. Maka dari itu, penerapan untuk memanipulasi citra akan menjadi inti dari berbagai teknologi. Ada beberapa domain seperti keamanan, pemodelan 3D, dll.

Secara singkat, katakanlah kita mempelajari computer vision karena it’s really cool! Kalian bisa memecahkan banyak masalah-masalah gila dengan computer vision.

Get excited yet?
Bagi yang baru mengenal bidang ini, saya sangat menyarankan untuk gali lagi lebih dalam pengaplikasian dari computer vision. Baca artikelnya, tonton video-video terkait atau cari tahu produk-produk besar yang telah banyak digunakan dan bermanfaat bagi diri kalian.

So, that’s it! Intro singkat tentang computer vision dan keinginan saya untuk menjadi produktif wkwk. Saya mengatakan bahwa bidang ini akan sulit dipelajari tapi kita akan bersama-sama memahaminya sedikit demi sedikit, step by step, dan semoga ini menjadikan diri kalian dibutuhkan oleh banyak pihak.

Oya, saya mempelajari computer vision dari berbagai sumber. Namun, sumber yang paling cocok bagi diri saya adalah dari course online milik Udacity (Ini bukan iklan ya, saya ga dibayar wkwk atau mungkin saya perlu membuka donasi ya biar saya bisa lebih maksimal menyampaikan materinya ✌️).

So, keep #WorkFromHome #LiveHealthyLive bagikan artikel ini agar bisa jadi manfaat and see you on the next post!
Cheers!

--

--