Apa itu Service Design?

Belajar UX
Sep 9, 2019 · 7 min read
Image for post
Image for post
Produk, Barang, dan Jasa

Ringkasan

Service Design atau Service Operations Design merupakan “buzzword” baru di Indonesia. Untuk meluruskan interpretasinya yang sekarang masih simpang-siur di Indonesia, di tulisan kali ini saya akan membahas pengertian yang baik dan benar mengenai Service Design.

  • Hasil dari sebuah proses UX adalah rancangan tampilan-tampilan layar, sedangkan hasil dari Service Design adalah dokumen cetak biru.
  • UX hanya berfokus pada pengalaman pengguna di touch point tertentu, tidak seperti Service Design yang juga melihat hubungan antar touch point yang berbeda.
  • Proses UX hanya berfokus pada end-user, sedangkan proses Service Design berfokus pada hubungan berbagai pemangku kepentingan, termasuk end-user.
  • User Journey Map di proses UX hanyalah ilustrasi dari sebuah titik sentuh, tetapi di dalam Service Design, User Journey Map adalah ilustrasi dari beberapa titik sentuh.
  • Service Design adalah evolusi dari UX.
  • UX sebagai solusi karena produk yang dibuat bisa berupa digital software atau web dan juga berupa service design.
Image for post
Image for post
Pemetaan Ekosistem dan Cetak Biru Implementasi dan Evaluasi Teknologi dan Kebijakan di Tual

Barang, Jasa dan Produk

Apabila Anda membaca sumber-sumber terkait topik Service Design, Anda akan melihat bahwa masih banyak yang salah kaprah menyamakan Produk dengan Barang ataupun sebaliknya. Salah satu contohnya adalah sebagai berikut:

  • Produk yang terdiri dari 100% Jasa, misalnya: Prakiraan Cuaca
  • Produk yang terdiri dari n% Barang dan y% Jasa, misalnya: Telepon Genggam dengan Aplikasi-aplikasi Bawaannya.
Image for post
Image for post
Produk Barang, Produk Jasa, Produk Barang-Jasa

A service is something that I use but do not own.

(Hunter, retrieved 2019)

Dalam konteks Service Design, kita harus mengerti bahwa jasa adalah sesuatu yang bisa digunakan atau dibeli oleh penggunanya, tetapi pada umumnya tidak bisa dimiliki secara fisik seperti halnya barang karena penggunanya tidak punya intensi untuk berinvestasi ataupun menanggung resiko terkait penyediaan jasa.

Jasa adalah sesuatu yang bisa digunakan atau dibeli oleh penggunanya, tetapi pada umumnya tidak bisa dimiliki secara fisik seperti halnya barang karena penggunanya tidak punya intensi untuk berinvestasi ataupun menanggung resiko terkait penyediaan jasa. (Tedjasaputra, 2019)

Salah satu contohnya adalah layanan transportasi online, dimana penggunanya bisa menggunakan atau membeli layanan tersebut, tetapi tidak bisa memiliki layanan tersebut secara fisik, berinvestasi ataupun menanggung resiko terkait penyediaan jasa transportasi online.

A service is a means of delivering value to customers by facilitating outcomes that customers want to achieve without the ownership of specific costs and risks.

(ITIL Practitioner Guide, 2016)

Service Design

Image for post
Image for post
Photo by Lefteris kallergis on Unsplash

Better service design provides the key to market success, and more important(ly), to growth.

(Shostack, 1984)

Tahun 1982 adalah tahun yang penting. IBM yang pada masa itu terkenal sebagai perusahaan raksasa pembuat komputer mainframe, untuk pertama kalinya memperkenalkan IBM PC. Walaupun Personal Computer atau PC sudah diperkenalkan sejak 1976 melalui lahirnya Apple I, IBM yang pada saat itu merupakan barometer di industri teknologi memberikan legitimasi kepada dunia bahwa PC adalah suatu inovasi digital yang penting.

Image for post
Image for post
  1. Service Design menganut prinsip Human-centered Design.
  2. Service Design bertujuan untuk membuat atau memperbaiki proses dan strategi jasa dengan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Service Design adalah perancangan jasa yang berprinsip pada Human-centered Design dan bertujuan untuk menghasilkan proses dan strategi jasa dengan Pengalaman Pengguna (UX) yang luar biasa. (Tedjasaputra, 2019)

Dalam konteks produk yang terdiri dari barang dan jasa, maka Service Design (Perancangan Jasa) terkait erat dengan Goods Design (Perancangan Barang). Walaupun ranah Service Design hanya terbatas pada perancangan jasa, Service Design dan Goods Design saling mempengaruhi satu dengan yang lain dalam sebuah Product Design.

UPDATE September 2020: Definisi Service Design terbaru bisa dibaca di Apakah Service Design itu?

Image for post
Image for post
Josh (Adi Tedjasaputra)

Referensi Pembelajaran Service Design

belajarux

Media pembelajaran UX bertaraf internasional yang singkat…

Belajar UX

Written by

Media pembelajaran UX bertaraf internasional yang singkat, padat, dan praktis dalam Bahasa Indonesia.

belajarux

belajarux

Media pembelajaran UX bertaraf internasional yang singkat, padat, dan praktis dalam Bahasa Indonesia.

Belajar UX

Written by

Media pembelajaran UX bertaraf internasional yang singkat, padat, dan praktis dalam Bahasa Indonesia.

belajarux

belajarux

Media pembelajaran UX bertaraf internasional yang singkat, padat, dan praktis dalam Bahasa Indonesia.

Medium is an open platform where 170 million readers come to find insightful and dynamic thinking. Here, expert and undiscovered voices alike dive into the heart of any topic and bring new ideas to the surface. Learn more

Follow the writers, publications, and topics that matter to you, and you’ll see them on your homepage and in your inbox. Explore

If you have a story to tell, knowledge to share, or a perspective to offer — welcome home. It’s easy and free to post your thinking on any topic. Write on Medium

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store