Tulisan Akhir Tahun 2023

Di penghujung tahun 2023 ini, aku ingin berbagi apa saja yang sudah aku lalui baik duka maupun suka.

Hendy Eka Putra
3 min readDec 31, 2023
Tulisan Akhir Tahun 2023
Photo by David Travis on Unsplash

Ternyata tak terasa tahun 2023 akan segera berganti menjadi tahun 2024. Dalam satu tahun terakhir ini, tentu banyak sekali hal, kejadian, dan peristiwa yang telah kita lalui. Suka maupun duka. Aku tak tahu mengapa memori tentang duka itu lebih menancap lebih lama dibandingkan memori bahagia — sepertinya aku harus mencari jawabannya dan menuliskannya kembali — apa memang benar celoteh bahwa “Move on itu tidak se-simple diucapkan”?

Setidaknya ada beberapa memori yang mungkin akan susah untuk kulupakan. Seperti musibah yang kudapat di malam hari. Kabar duka dari orang dari lingkup keluarga hingga teman kuliah.

Ya. Semua tidak terduga. Tidak percaya kejadian-kejadian itu terjadi dengan “timing yang pas”.

Namun mungkin begitulah cara-Nya untuk menyadarkan kita. Membangun pribadi menjadi lebih kuat dalam menjalani hidup. Karena dari kejadian-kejadian itulah yang membuat kita tahu apa itu kebahagiaan. Mengenali hal-hal kecil yang bermakna di dalam kehidupan kita. Mengenal pribadi kita lebih baik.

Tentu ada pula memori-memori indah yang masih aku ingat di sepanjang tahun 2023 ini. Salah satunya adalah munculnya keinginan untuk berbagi dalam tulisan di platform Medium ini. Tak kusangka aku berhasil membuat 15 tulisan di platform ini — lebih tepatnya 16 tulisan dengan yang kalian baca saat ini — meskipun sebenarnya masih jauh dari target tulisan yang kuiinginkan. Jujur aku gembira dengan pencapaian ini.

Bahkan diantara tulisan-tulisan ini, aku membuat 3 buah review buku! Padahal sebelumnya aku belum pernah membuat satu pun review buku. Dan lebih uniknya lagi, tulisan review buku pertama dan kedua adalah seri novel yang kubaca dengan urutan yang terbalik haha.

Aku pun juga membaca beberapa buku yang bestseller yang ternyata setelah aku menyelesaikannya, tidak menarik minatku untuk membacanya lagi.

Masih banyak buku-buku yang terbungkus plastik maupun buku yang masih belum dibaca hingga tuntas karena aktivitas sehari-hari. Semoga sebelum membeli buku lainnya aku bisa menyelesaikan buku-buku ini terlebih dahulu. Karena godaan membeli buku itu cukup besar, apalagi jika ada judul ataupun topik yang benar-benar menarik perhatian…

Photo by Kimberly Farmer on Unsplash

Aku yang dulu sempat “meninggalkan” hobi foto pun ternyata bisa melakukannya lagi menjelang akhir tahun 2023. Meskipun pengalamannya saat itu benar-benar berbeda. Tapi aku cukup senang bisa melakukannya lagi dan tak sabar untuk melakukannya kembali.

Selain itu, di tahun 2023 ini aku belajar sedikit demi sedikit membagi waktu di tengah kesibukan yang sedang dijalani.

Aku harap kalian yang membaca tulisan ini hingga selesai juga mempunyai waktu untuk “menoleh” apa saja yang kalian lalui selama setahun terakhir ini.

Terimakasih 2023 atas segala kisahnya. Selamat datang 2024.

--

--

Hendy Eka Putra

You will read a small part of my overthinking thoughts also what I read and studied